Selasa, 18 Januari 2011

AWAL MULA TERCIPTANYA NARUTO "MASASHI KISHIMOTO"


nah skarang ane maw posting masalah NARUTO neh....
pasti uda pada kenal ama naruto kan.......
ok..tanpa basa basi yg bgitu panjang..
langsung ajha neh....:

Pertama Kishimoto bekerja sebagai seniman manga Karakuri, yang disampaikan kepada Shueisha pada tahun 1996. Pada tahun 1999 , Naruto adalah serial di majalah Shonen Jump, memenangkan yang bulanan "Langkah Hop Award". Naruto masih berlangsung, dengan lebih dari 40 jilid, dan telah terjual lebih dari 71 juta kopi di Jepang sebagai volume 36 , juga sedang diadaptasi menjadi dua anime sukses. Naruto manga telah menjadi salah satu Viz Media 's atas properti, [1 ] akuntansi selama hampir 10 % dari semua penjualan manga di tahun 2006. [2 ] volume ketujuh pembebasan Viz menjadi manga pertama yang pernah memenangkan Quill Award ketika mengklaim penghargaan sebagai "Best Graphic Novel" pada tahun 2006. [2 ] Sebagai volume 36 , manga telah terjual lebih dari 71 juta kopi di Jepang. [3 ] Dalam wawancara dan eksklusif dalam manga Naruto, dia sering menyebutkan almarhum tanaman, UKKI-kun. [4 ] Menurut Kishimoto, pertama kali dia punya pabrik kantor, karena suasana negara yang hilang, ia memberinya makan makanan tanaman yang belum dicairkan. Dia melanjutkan pembelian beberapa tanaman lain setelah itu, tapi banyak dari mereka tewas. [4 ] Ketika Masashi Kishimoto ini awalnya menciptakan seri Naruto, dia melihat ke Shonen lain manga untuk pengaruh ketika mencoba untuk membuat karakter yang unik mungkin. [5 ] mengutip Kishimoto Akira Toriyama 's Dragon Ball seri sebagai salah satu dari pengaruh ini, mencatat bahwa Son Goku, pemeran utama dalam Dragon Ball, adalah faktor kunci ketika membuat Naruto Uzumaki karena ia energik dan nakal kepribadian. [6 ] Untuk melengkapi Naruto, Kishimoto bekerja pada menciptakan saingan itu adalah "keren jenius", karena ia percaya ini adalah " saingan tipikal karakter". Setelah meninjau manga untuk ide-ide yang berbeda, ia akhirnya dikembangkan Sasuke Uchiha. Ketika menciptakan tokoh utama, Kishimoto mengakui, "Saya tidak punya gambar yang pasti tentang apa yang seorang pahlawan wanita harus". Dia akhirnya menciptakan Sakura Haruno, menekankan "genit energi dan semangat" sebagai ciri utamanya. Tiga karakter ini akan menjadi cetakan untuk tiga lainnya Naruto utama tim. [7 ] Untuk Kishimoto, Sasuke tetap karakter yang paling sulit baginya untuk menggambar. Sementara menggambar, kesalahan dan kecelakaan sering mengakibatkan penampilan muda Sasuke tersesat, akibat dari Kishimoto yang belum berpengalaman dalam menggambar karakter dewasa di luar tahun. [8 ] Meskipun waktu dan energi menghabiskan Kishimoto menggambar Sasuke, Sasuke telah menjadi karakter kesukaannya menggambar. [ 8 ] Ketika menggambar karakter, Kishimoto mengikuti lima langkah proses yang ia konsisten berikut: konsep dan sketsa kasar, penyusunan, tinta, shading, dan mewarnai. Langkah-langkah ini diikuti ketika ia menggambar manga yang sebenarnya dan membuat ilustrasi warna yang biasanya menghiasi sampul Tankōbon, sampul Weekly Shonen Jump, atau media lain, tapi kadang- kadang toolkit ia memanfaatkan perubahan. [ 9 ] Sebagai contoh, ia menggunakan sebuah airbrush untuk satu ilustrasi untuk sampul Weekly Shonen Jump, tetapi memutuskan untuk tidak menggunakannya untuk gambar-gambar masa depan sebagian besar disebabkan oleh pembersihan diperlukan. [10 ] Ketika Kishimoto adalah menciptakan setting manga Naruto, dia awalnya berkonsentrasi pada desain untuk desa Konohagakure, pengaturan utama dari seri. Kishimoto menyatakan bahwa desain Konohagakure diciptakan "cukup secara spontan tanpa banyak berpikir", tetapi mengakui bahwa pemandangan ini didasarkan pada rumahnya di Prefektur Okayama di Jepang. Kishimoto diciptakan Konohagakure tanpa menentukan masa tertentu atau lokasi di dunia nyata, mencatat bahwa desa adalah "hanya sebuah tempat di [ nya] kepala". Tanpa periode waktu tertentu, Kishimoto termasuk unsur-unsur modern dalam seri seperti toko-toko, namun secara khusus dikecualikan proyektil senjata dan kendaraan dari alur cerita. Untuk bahan referensi, Kishimoto melakukan penelitian sendiri ke dalam bahasa Jepang dan menyinggung budaya dalam pekerjaannya. Dalam sebuah wawancara, ia berkomentar bahwa dia "sering dilihat jepang kebun dan [pergi] untuk pertunjukan Kabuki" untuk bahan referensi. [11 ] Kishimoto menambahkan bahwa, sebagai Naruto berlangsung di sebuah " dunia fantasi Jepang," sang pencipta harus "menetapkan aturan-aturan tertentu, dengan cara yang sistematis" sehingga ia bisa dengan mudah " menyampaikan cerita." Kishimoto ingin "menarik" tradisi zodiak Cina, yang memiliki kehadiran lama di Jepang, tanda tangan zodiak berasal dari ini. Teknologi Mengenai Kishimoto mengatakan bahwa Naruto tidak akan memiliki senjata api. Dia bilang dia mungkin termasuk mobil, pesawat terbang, dan "rendah pengolahan" komputer; Kishimoto tertentu komputer akan "mungkin" menjadi delapan-bit dan bahwa mereka akan "tidak jelas" menjadi enam belas- bit. [12 ]

Lebih lanjut tentang: Awal Terciptanya Kartun Naruto Oleh "Masashi Kishimoto"

15 fakta unik di dunia anime

nah sekarang ane mau posting 15 fakta unik yg terjadi di dunia anime yang mungkin saja anda tidak ketahui....dari pada ane ngomong panjang lebar g jelas,mending lngsung saja ke topikx...
1. Aoyama Gosho menikahi Conan Edogawa dan Eiichiro Oda menikahi Nami. Maksudnya, Aoyama menikahi pengisi suara (seiyuu) Conan yaitu Minami Takayama dari Two Mix. Dan Eiichiro Oda menikahi model pemeran Nami di suatu event yang menampilkan kru Onepiece live action.

2. Nama Imperial Guard di RAVE namanya adalah pemeran James Bond .
Lazenby (George Lazenby), Dalton (Timothy Dalton), Brosnan (Pierce Brosnan), Connery (Sean COnnery)

3. manghwa Western shotgun tokohnya adalah nama2 penyanyi amerika.
jack black, sting, cheryl crow, valentine, muse, curose, dll

4. pemimpin kelompok bajak laut blackbeard di manga ONE PIECE adalah Marshal D Teach. Sedangkan rivalnya White Beard dipimpin oleh Edward NewGate


Sedangkan dalam sejarah, tercatat BlackBeard adalah julukan bajak laut inggris yang bernama Edward Teach yang merajai lautan karibia ditahun 1870

5. Coba perhatikan rok officer Jenny (versi amrik) saat di "Pokemon the Movie: Destiny Deoxys". Jadi lebih panjang sampe ke bawah lutut.
Padahal dulu polwan ini selalu memakai rok mini yg seksi. Dan tokoh2 di anime Pokemon memang terkenal dengan outfitnya yg seksi2 walau Pokemon lebih cenderung ke anime anak kecil. Mungkin banyak yg protes kali ya, makanya diubah.

6. Dalam game DOTA (Defense of the Ancients) Allstars (versi lain dari Warcraft 3), banyak nama2 tokoh anime yg dipakai:

- Pedang yg dibeli di recipe shop 3 bernama Sange dan Yasha. Mungkin berasal dari Sango dan Inuyasha.

- Nama tokoh yg berprofesi sebagai 'slayer' di pihak sentinel bernama Lina Inverse (dari anime slayer).

- Ada tokoh guardian Yuna di game FFX yg dipake jadi karakter Hero di game ini. (gw lupa namanya).

- Rikimaru sang Silent Assasin berasal dari game Tenchu, the stealth assasin.

7. Masakan "Tahu Mapo" yg anda baca di volume pertama komik Master Cooking Boy bisa anda beli di Obiku Oriental Cuisine, di foodcourt2 Mall tertentu.

8. Anime Popolocrois pernah masuk Anime terjelek versi pembaca majalah Animonster.

9. Subtitle untuk anime Onepiece versi mandarin (atau Malaysia) mengubah nama2 kru Onepiece menjadi begini:

- Luffy = Roof (atap?)
- Ussop = CrookBoo (penjahat kentut?)
- Nami = Namy (bernama?)
- Sanji = Sunkist (jeruk?)
- Nico Robin = Nicole Robin (siapanya Nicole Kidman?)
- Chopper = (lupa jadi apa, kalo gak salah, tetep)
- Roronoa Zoro = Roronoah Suron

10. Tokoh2 di Gundam Seed dan Gundam Seed Destiny wajahnya sama semua, yang membedakan mereka hanya rambuatnya doang.

11. Ngomong2 soal Adachi Mitsuru. Ada sebuah fact kalo doi ini orangnya males banget dan jago ngibulin editor komiknya dengan mengisi halaman dan panel2 yg kosong dengan gambar2 pemandangan (yg beberapa malah cuma copy paste) untuk memenuhi tenggat (deadline) komik mingguan.
Ya jadi bayangin aja kalo fans komiknya dia udah nungguin chapter baru keluar, pas keluar eh malah gambar2 pemandangan doang.
Gambar2 cewek2 seksi juga salahsatu akal bulusnya dia buat mengisi space kosong.

12. waktu InuYasha mulai diputar (November 1996), salah 1 yang paling banyak dibicarain = panjang rok Kagome





13. Aoyama Gosho sering menampilkan pasangan yg jomplang dalam komik buatannya.
- Yaiba sama Sayaka lebih tua Sayaka.
- Conan sama Ran sebetulnya seumur tapi Conan berwujud anak kecil.
- Dalam komik kumpulan cerita Aoyama, ada pasangan detektif yg kecil seukuran liliput dengan seorang wanita normal.

14. Nama Yamato dari Kira Yamato di anime G.Seed dan G.S. Destiny berasal dari Sejarah Jepang,yaitu,Yamato Period..sedangkan nama depannya,yaitu Kira,bisa diartikan sebagai "Killer" -cara penamaan ini juga ada di anime death note-,arti tersebut bisa berbeda jika ditulis dalam huruf katakana,yang bisa diartikan Great Peace....jadi..nama Kira Yamato harus ditulis dalam Katakana,tidak dalam Kanji atau Hiragana....




Arti dalam Kanji/Hiragana : Kira Yamato : Killer from Yamato/Nama jepang di zaman dahulu...
Arti dalam Katakana : Kira Yamato : Great peace from Yamato

15. Nama Shinn dari Shinn Asuka lagi2 dr G.S.Destiny..bisa berarti "Bunuh"/"Kematian"
posted by:choirul f ramadhan

SEJARAH COSPLAY

Cosplay adalah istilah dari bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) & "play" (bermain). Cosplay artinya hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan kartun Nickelodeon. Orang yg melakukan cosplay disebut cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai layer.


Sejak paruh kedua tahun 1960-an, penggemar cerita dan film fiksi ilmiah di Amerika Serikat sering mengadakan konvensi fiksi ilmiah. Peserta konvensi mengenakan kostum seperti yang yang dikenakan tokoh-tokoh film fiksi ilmiah seperti Star Trek. Budaya Amerika Serikat sejak dulu mengenal bentuk-bentuk pesta topeng (masquerade) seperti dalam perayaan Haloween dan Paskah
Tradisi penyelenggaraan konvensi fiksi ilmiah sampai ke Jepang pada dekade 1970-an dalam bentuk acara peragaan kostum (costume show). Di Jepang, peragaan "cosplay" pertama kali dilangsungkan tahun 1978 di Ashinoko, Prefektur Kanagawa dalam bentuk pesta topeng konvensi fiksi ilmiah Nihon SF Taikai ke-17.
Selain di Comic Market, acara cosplay menjadi semakin sering diadakan dalam acara pameran dōjinshi dan pertemuan penggemar fiksi ilmiah di Jepang.
Majalah anime di Jepang sedikit demi sedikit mulai memuat berita tentang acara cosplay di pameran dan penjualan terbitan dōjinshi. Liputan besar-besaran pertama kali dilakukan majalah Fanroad edisi perdana bulan Agustus 1980. Edisi tersebut memuat berita khusus tentang munculnya kelompok anak muda yang disebut "Tominoko-zoku" ber-cosplay di kawasan Harajuku dengan mengenakan kostum baju bergerak Gundam. Kelompok "Tominoko-zoku" dikabarkan muncul sebagai tandingan bagi Takenoko-zoku (kelompok anak muda berpakaian aneh yang waktu itu meramaikan kawasan Harajuku). Istilah "Tominoko-zoku" diambil dari nama sutradara film animasi Gundam, Yoshiyuki Tomino, dan sekaligus merupakan parodi dari istilah Takenoko-zoku. Foto peserta cosplay yang menari-nari sambil mengenakan kostum robot Gundam juga ikut dimuat. Walaupun sebenarnya artikel tentang Tominoko-zoku hanya dimaksudkan untuk mencari sensasi, artikel tersebut berhasil menjadikan "cosplay" sebagai istilah umum di kalangan penggemar anime.

Sebelum istilah cosplay digunakan oleh media massa elektronik, asisten penyiar Minky Yasu sudah sering melakukan cosplay. Kostum tokoh Minky Momo sering dikenakan Minky Yasu dalam acara temu darat mami no RADI-karu communication yang disiarkan antara lain oleh Radio Tōkai sejak tahun 1984. Selanjutnya, acara radio yang sama mulai mengadakan kontes cosplay. Dari tahun 1989 hingga 1995, di tv asahi ditayangkan ranking kostum cosplay yang sedang populer dalam acara Hanakin Data Land.

Sekitar tahun 1985, hobi cosplay semakin meluas di Jepang karena cosplay telah menjadi sesuatu hal yang mudah dilakukan. Pada waktu itu kebetulan tokoh Kapten Tsubasa sedang populer, dan hanya dengan kaus T-shirt pemain bola Kapten Tsubasa, orang sudah bisa "ber-cosplay". Kegiatan cosplay dikabarkan mulai menjadi kegiatan berkelompok sejak tahun 1986. Sejak itu pula mulai bermunculan fotografer amatir (disebut kamera-kozō) yang senang memotret kegiatan cosplay


Kalau di Jepang,umumnya peserta cosplay bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar (dōjin circle), seperti Comic Market, atau menghadiri konser dari grup musik yang bergenre visual kei. Penggemar cosplay termasuk cosplayer maupun bukan cosplayer sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, yaitu Amerika, RRC, Eropa, Filipina, maupun Indonesia.
Kalau di Indonesia sangat jarang ditemukan Cosplayer yang mengenakan pakaian dari komik luar asia, beberapa menggunakan tipe eropa tetapi dikarenakan di ambil dari manga/manwa bukan dari komik luar asia.

Sumber : Layer ,Wikipedia ,Cnet dan Cosplay

CARA MENGGAMBAR ANIME

nah ini buat bro n shizt yg mau mencoba untuk menggambar anime...
neh ane share langkah2 menggambar anime...

Bagaimana cara menggambar karakter manga/anime?
Buat kamu yang menggambar manga secara otodidak artikel dibawah ini mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk membuat kualitas manga kamu menjadi lebih baik.

LANGKAH PERTAMA:


Untuk memulainya tentu saja kita siapkan material / peralatan menggambarnya,
Untuk berlatih kita cukup menggunakan kertas gambar yang murah saja tentu saja untuk memperkecil pengeluaran kita, saya pikir penting untuk menunjukkan bahwa menggambar manga merupakan hobi yang murah.
Untuk pensil alat dasar menggambar kita bisa menggunakan pensil normal untuk menulis, pensil menggambar, dan pensil mekanis, semuanya baik untuk menggambar.
Beberapa jenis pensil yang bisa kita gunakan seperti berikut,
Jenis pensil dari terang ke gelap ----->

8H 7H 6H 5H 4H 3h 2H H HB B 2B 3B 4B 5B 6B 7b 8B
Dan tentu saja kita siapkan penghapus.
Apabila semua peralatan sudah kita siapkan mari kita mulai,

Kita mulai belajar Menggambar Kepala,
Beberapa trik untuk menggambar kepala anime:


Menarik garis panduan untuk membantu menunjukkan tempat untuk mencari mata. Mata harus di tengah kepala.
Bagian atas telinga harus sesuai dengan bagian atas mata. Sekali lagi, letak mata dan telinga harus benar-benar kita perkirakan dan besar kepala harus sesuai.

MENGGAMBAR MATA



Menggambar mata,untuk menggambarnya merupakan tantangan. Penting untuk menggambar mata dengan baik, karena besarnya dan mata yang indah yang paling membedakan bahwa ini gambar manga.



Langkah awal menggambar mata di mulai dari menggambar garis batas mata bagian atas, gambarkan bentuk alis dengan sedikit lengkungan.



Kemudian gambarlah garis batas mata bagian bawah, dengan panjang garis lebih pendek dari garis mata bagian atas dan garis relatif lurus.



Gambarlah bulatan mata yang proposinal sesuai dengan bentuk mata. Untuk mata yang besar, bulatannya cenderung memanjang searah vertikal.



Gambarlah bulatan kecil di dalam bulatan mata untuk memberikan efek pantulan cahaya yang diterima oleh mata. Sehingga mata lebih terlihat hidup.



Lengkapi gambar dengan menambahkan bulu mata kemudian goreskan garis halus untuk kelopak mata dan berikan warna hitam pada bulatan mata. Tambahkan juga alis mata sesuai dengan bentuk matanya .

Semakin besar mata semakin detail pula yang harus mereka miliki.
Mata menunjukkan emosi. Emosi yang bisa senang, sedih, takut, jahat, gila, cinta, lelah, atau apapun.
Karakter yang senang atau bersalah memiliki banyak cahaya di mata mereka. Jahat dan marah memiliki karakter mata yang gelap.

Berikutnya MENGGAMBAR RAMBUT,
Sebelum menggambar rambut, perlu diperhatikan terlebih dahulu jenis rambut yang akan digambar. Misalnya jenis rambut lurus, keriting, bergelombang atau rambut acak.








Menggambar rambut Pria relatif lebih mudah dibandingkan menggambar rambut Wanita, hal ini disebabkan karena rambut pria tidak terlalu panjang, tapi biasanya di gambar manga pria ada juga yang rambutnya panjang.





Rambut wanita biasanya unik- unik dan lebih menantang untuk digambar. Untuk memperindah penampilan biasanya ditambahkan kepang atau poni pada rambut yang bentuknya bermacam-macam. Inilah yang meniadi wanita lebih menarik untuk digambar karena rambutnya yang indah.
Disini digambarkan pula saat rambut terkena angin, pada posisi ini yang perlu diperhatikan arah rambut yang terkena angin harus searah pergerakan angin, hal ini dilakukan agar karakter rambut lebih alami untuk dilihat.





Angin yang datang dari arah depan menyebabkan rambut bergerak ke belakang, sehingga seluruh tampak depan wajah terlihat dengan sempurna.

Angin yang datang dari arah samping kiri akan membuat rambut bergerak ke samping kanan, sehingga sebagian rambut menutupi wajah.


EKSPRESI WAJAH



Ekspresi sedih ditunjukan dengan pandangan mata yang kosong dan lemah .

Ditambah dengan mata berkaca-kaca seperti mau menangis.
Gambar mulut melengkung ke bawah.



Ekspresi marah ditunjukkan dengan mendekatkan kedua alis Sorotan pandangan yang tajam dan dingin pada lawan bicaranya. Ditambah pula dengan kerutan di dahi yang menampakkan kemarahannya. Berteriak merupakan salah satu bentuk marah yang paling gampang dipahami oleh orang.



Gambar ekspresi gembira ditunjukkan dengan menaikkan kedua alis.

Gambar mata yang besar dan berbinar-binar .
Gambar mulut seperti segitiga terbalik atau melengkung ke atas



Gambar di samping ini menunjukkan ekspresi terkejut , hal itu dapat diketahui dari bentuk bulatan mata yang mengecil dan digambarkan tidak ada efek cahaya dari bulatan mata.



Gambar di samping ini menunjukkan ekspresi wajah yang tenang, ramah atau bahagia. Hal ini dapat diketahui dari bentuk mulut yang digambarkan melengkung ke bawah dan pandangan mata yang digambarkan normal.
MENGGAMBAR TANGAN
Untuk mempermudah kita dalam menggambar, bentuk tangan digambar dengan bentuk lingkaran dan bentuk oval sebagai dasarnya. Bentuk tangan yang digambar akan berubah, tergantung posisi dari mana kita melihat. Oleh karena itu akan lebih mudah untuk menggambarkan jari tangan menyerupai silinder pendek, dan gambarkan juga bentuk oval untuk lekukan-lekukan jari.

1. Bentuk dasar dari tangan.


Untuk menggambar tangan, bayangkan tangan kita sedang dibungkus, misalnya tangan kita dibungkus sarung tangan yang ketat. Kemudian gambar bentuk dasar yang dibentuk oleh tangan dan jari. Lanjutkan dengan menggambar garis–garis halus yang digunakan untuk menandakan posisi jari tangan.

2. Bentuk jari tangan


Perhatikan bentuk jari antara yang satu dengan yang lainnya, dan gambarlah jari dengan ukuran yang sesuai sehingga ukuran jari satu dengan yang lainnya terlihat lebih alami. Point ini merupakan yang paling penting untuk meneruskan ke langkah selanjutnya.

3. Memperjelas bentuk gambar


Gambarlah lipatan dari jari tangan, sehingga gambar jari satu dengan yang lainnya terlihat dengan sempurna. Kemudian hapus garis-garis bantu dan perjelas garis yang melukiskan ibu jari dan telapak tangan.

4. Berikan efek bayangan


Untuk memberikan kesan lebih nyata, berikan arsiran halus pada gambar. Dengan demikian bentuk dari lekukan jari dan telapak tangan akan terlihat lebih nyata.
Pada contoh kali ini digambarkan bentuk tangan yang terlihat hanya sebagian saja.
Untuk memudahkan kita, gambarlah jari telunjuk terlebih dahulu kemudian gambar jari yang lainnya mengikuti atau sejajar dengan jari telunjuk. Gambarlah sesuai dengan proposi nya dengan memberikan garis bantu.

Tips:



Cobalah menggambar dengan melihat tangan sendiri, amati tangan kita dengan menutup salah satu mata, hal ini bertujuan untuk memberikan fokus pada sudut pandang yang akan digambar.
PROPORSI TUBUH



Sebuah metode sederhana namun efektif untuk menentukan benar proporsi tubuh dicapai dengan menempatkan sebuah segitiga terbalik dimana bagian segitiga menandakan bahu ke bawah selangkangan.
Atau kita bisa belajar dari beberapa sketsa proporsi tubuh dibawah ini,
Berikut contoh sketsa proporsi tubuh untuk pria:








Dan contoh sketsa proporsi tubuh untuk wanita:




Cukup sulit tapi memang menggambar manga perlu kerja keras serta terus dan terus belajar!
Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.
Selamat mencoba
Selamat berkarya!!

POSTED BY:choirul f ramadhan

sejarah doraemon

Pada bulan Desember 1969, manga Doraemon terbit berkesinambungan dalam 6 judul majalah bulanan anak. Majalah-majalah tersebut adalah majalah Yoiko (anak baik), Yōchien (taman kanak-kanak), Shogaku Ichinensei (kelas 1 SD), Shogaku Yonnensei (kelas 4 SD), dan sejak 1973 majalah Shogaku Gogensei (kelas 5 SD) dan Shogaku Rokunensei (kelas 6 SD). Cerita yang terkandung dalam majalah-majalah itu berbeda-beda, yang berarti pengarang cerita ini harus menulis lebih dari 6 cerita setiap bulannya. Pada tahun 1979, CoroCoro Comic diluncurkan sebagai majalah Doraemon.

Sejak pertama kali muncul pada tahun 1969, cerita Doraemon telah dikumpulkan dan dibagi ke dalam 45 buku yang dipublikasikan sejak tahun 1974 sampai 1996, dan telah terjual lebih dari 80 juta buku pada tahun 1992. Sebagai tambahan, pada tahun 2005, Shōgakukan menerbitkan sebuah serial tambahan sejumlah 5 jilid dengan judul Doraemon+ (Doraemon Plus), dengan cerita yang berbeda dari 45 volume aslinya.

(from wikipedia)

ANIME DI INDONESIA

Jaman sekarang, anime menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan. Seperti yang pernah saya sunting di wikipedia, anime saat ini tidak lagi menjadi sebuah hiburan biasa. Sekarang, banyak orang yang mengumpulkan dan menonton anime sebagai hobi yang bisa dibilang bukan hobi biasa. Dan lagi, anime jaman sekarang sudah sangat berubah jika dibandingkan dengan anime di saat pertama kali dibuat. Di Indonesia saja, sudah banyak orang yang menonton anime sebagai sebuah kegiatan yang wajib. Hal ini tentu saja sangat menggembirakan bagi perkembangan anime di Indonesia.

Akan tetapi, ada saja orang khususnya orang-orang Indonesia yang menjelekkan anime. Mereka menganggap anime itu hanya sebuah tontonan anak kecil yang ceritanya tidak menarik. Sayangnya, mereka-mereka ini tidak cukup paham dengan anime jaman sekarang. Jika anda lihat, banyak anime jaman sekarang yang ceritanya sudah masuk cerita remaja dan dewasa. Tentu saja, anime ini diperuntukkan untuk remaja dan dewasa. Tidak mungkin anime ini diperuntukkan untuk anak-anak. Jadi kebanyakan dari orang-orang Indonesia yang masih salah pengertian akan anime itu sendiri.

Potensi perkembangan anime di Indonesia sangatlah besar. Jika dilihat dari jumlah penduduk, sekitar 10%-20% penduduk Indonesia menyukai anime. Akan tetapi, banyak kendala yang dihadapi mereka. Salah satunya fasilitas untuk men-download sebuah anime. Yah, bisa dikatakan keterbatasan ekonomi yang membuat mereka tidak mendapatkan fasilitas download itu. Akhirnya, mereka pun memutuskan untuk mengambil jalan lain, yaitu dengan membeli dvd/vcd bajakan yang dijual di toko maupun eceran.

Pembajakan adalah sebuah tindakan yang sangat tercela. Pembajakan berarti mencuri, dan ‘merusak’ karya orang. Inilah yang sedang terjadi di Indonesia. Pembajakan sekarang pun akhirnya merambah ke anime yang sebelumnya bermain di sektor musik, software-software. Sebenernya kita pengen agar tidak ada lagi pembajakan anime terjadi di Indonesia. Akan tetapi, jika kita ‘matikan’ pembajakan ini, maka perkembangan anime di Indonesia pun juga terkena dampaknya. Jadi apa yang harus kita lakukan?

Menurut saya, seharusnya Indonesia membuat suatu organisasi yang nantinya bertugas untuk mengkoordinasi distribusi anime ke masyarakat Indonesia. Tentu saja hal ini bertujuan untuk mengurangi dan menghilangkan pembajakan anime di Indonesia. Lalu penerimaan organisasi tersebut didapati dari sponsor-sponsor yang mendukung organisasi tersebut. Mungkin ini salah satu jalan yang terbaik untuk mendukung perkembangan anime di Indonesia.

ANIME VS CARTOON


ANIME
Kelebihan :
1. Lebih bersahabat dengan otak Indonesia
2. Krn lbh variatif ceritanya, drama, suspens, horror, action, filosofis, sci fi, ampe kritik sosial jg ada
3. lebih Tradisional dan primitive contohnya siluman, hantu atau ninja
4. Cerita yang rumit membuat penasaran
5. Karakter yang keren-keren
6. fantasinya terasa banget dan ceritanya juga tentang persahabatan dan semangat pantang menyerah.
7. teknik gambarnya biasanya lebih menyerupai sketsa...(kadang ada komik
yang cuma butuh outline gambarnya doank. kaya doraemon, sinchan, dll.
gak butuh teknik perspektif, jadinya kaya gambar biasa doank)
- karakter-karakternya kalau nggak cool/cantik, pasti aneh/unik...bandingin
sailormoon ma one piece
- ceritanya lebih variatif dan teknik gambarnya juga kadang berbeda2,
sesuai dengan tingkat cerita masing-masing komik (anak2, remaja,
dewasa atau humor, horor, cerita cinta, dll)

Kekurangan :
1. Biasanya full cerita (kayak sinetron) bersifat hiburan dan sedikit makna yg bisa diambil dari ceritanya.

emg skrg sudah beralih seperti itu, tapi lama sebelum anime menguasai US pun kartun Amerika sudah menguasai bukan cmn Jepang, sluruh dunia malah, Osamu Tezuka dan banyak "elder"2nya anime aja bilang mereka ngambil inspirasi dari Disney dkk, jadi klo bicara soal term Internasional secara keseluruhan, jelas Amerika > Jepang, walau gw akui skrg Jepang sudah mulai menyusul perlahan..

Kartun amerika(CARTOON)
Kelebihan :
1. bersifat hiburan juga sih, tapi...lebih bersifat mendidik dan inti ceritanya ga jauh-jauh dari cerita kehidupan sehari-hari (entah itu sindiran atau sebab-akibat perbuatan yg akan dilakukan), makanya kartun amerika biasanya mencerminkan
2. Grafis lebih oke
3. Teknik gambarnya biasanya lebih mendetail, (contoh : kalo gambar muka
biasanya gak cuma gambar outlinenya doank, ada garis-garis bayangan
yang negasin bentuk muka karakter) kalo komposisi warnanya cuman
hitam putih, biasanya lebih condong ke warna hitam (komposisi warna
hitamnya lebih banyak)
- karakter dan mimik mukanya dibuat serealistis mungkin, kalaupun ada
karakter aneh, pasti itu gak masuk ras manusia normal (kalo gak alien ya
monster atau Mutant). itupun dengan tingkat keanehan yang biasa saja
(masih tetap sedikit realistis)
- ceritanya cenderung terkesan gelap ( peperangan, misteri, kalaupun
komedi cenderungnya sarkastik), karena terkesan realistik, jadi kalau ada
adegan perang / kelahi/ pembunuhan dibuat serealistik mungkin

Kekurangan :
1. Kehidupan org2 sana. ceritanya lebih dewasa n banyak twistnya.
2. Coba aja kita bandingkan Cerita 3D eh gambar 3Dnya Barbie sama Final Fantasy VII, mantaph mana... padahal pengerjaannya juga makan waktu yang sama dan budget yang ga' terlalu beda. Apalagi kalo amerika bikin kartun 3D gambarin manusianya ga' "MANUSIAWI" banget, entah penyok di atas lah, kaki yang tidak proporsional, body juga yang ga' manusiawi, dan yang terakhir adalah cara objek Manusia bergerak dari satu tempat ke tempat lain kurang luwes(sekali lagi liat aja barbie)
3. kartun amerika mah cuma komedi, superhero
4. Karakter yang lebai, berotot, dll
5. Lebih mementingkan cerita teknologi dan alien

Bahkan amrik pun telah menyadari nya, makanya mereka mulai membuat cerita yg ke anime2an, Avatar dan Marvel mangaverse misalnya..
Sementara anime? Tetap dgn liarnya berkembang dgn caranya sendiri, lagipula anime di Jepang sudah jd bagian hidup masyarakat Jepang umumnya, sementara cartoon di Amerika, msh diterima oleh kalangan trbatas saja..

Lebih lanjut tentang: Perbedaan Anime dengan Kartun